7 Keajaiban Dunia Masa Lampau

15 Desember 2008

7 KEAJAIBAN DUNIA
( MASA LAMPAU )


Pelancong Yunani Kuno Antipater dari Sidon adalah orang yang pertama kali mencatat ketujuh bangunan paling megah di dunia. Catatannya tersebut menjadi sangat terkenal dan menimbulkan rasa ingin tahu para penduduk dunia dari masa ke masa. Ketujuh bangunan tersebut adalah :

1. Piramide
sesungguhnya ialah makam raja-raja Mesir Kuno. Tingginya kira-kira 160 meter. Terdiri dari 2.300.000 batu dengan berat 2,5 ton. Dikerjakan dalam waktu 20tahun oleh 100.000 tenaga manusia.
2. Taman Gantung dari Babylonia yang telah lama musnah. Di bangun oleh Raja Nebuchadnezzar (600 SM) untuk isteri kesayangannya. Loteng bersusun tinggi 25 sampai 100 meter, ditanami tumbuhan tropis yang indah dengan bunga-bunga dan pohon-pohon palem. Air penyiramannya dipompakan dari Sungai Euphrata.
3. Patung Zeus di Olyimpia didirikan pada abad ke 5 SM. Patung dari emas itu tingginya kira-kira 14 meter.
4. Kuil Artemis di Zeus adalah satu-satunya kuil Yunani terbesar yang pernah dibangun. Ukurannya adalah 70 x 140 meter. Ini lebih luas dari bangunan Gereja St. Peter di Roma maupun gereja-gereja Kristen lainnya hingga saat ini. Dibangun dalam tempo 120 tahun.
5. Mausoleum Halicarnassus sesungguhnya adalah kuburan yang dibangun oleh Ratu Artemisia untuk mengenang suaminya Raja Mausolus dari Caria.
6. Colossus dari Rhodes, patung perunggu dari Dewa Matahari Helios ini didirikan pada tahun 280 SM oleh rakyat Rhodes. Tingginya 30 meter dan terletak tepat di jalan masuk pelabuhan.
7. Pharos dari Alexandria. Patung yang tingginya 130 meter terletak di pulau pantai Alexandria dan telah di hancurkan pada tahun 1326.

Sayang, karena ulah tangan jahil, akibat perang serta karena usang dimakan usia, bangunan-bangunan megah tersebut tidak utuh seperti sediakala. Hanya piramidelah yang masih berdiri utuh.

2 komentar:

Andika mengatakan...

klo gw anak D bro .. w juga banyaak temen di kelas A, si Ade,Lutfi, Uchie, Ayu, dl deh ..hehehe ..

bdw jangan Lupa Gabung di Blog gw yeh .. ada BLog Pak hendra nye juga kok .. hehe .. tengkyu bro ..

Anonim mengatakan...

Pak klo bsa dtmpilin donk fto2 keajaiban dunia'a..
Eh fto L lg boker dmna tu or lgi ngintipn cwe mndi Y??..hehe(just kidding)